Perjalanan Sang Legenda Musik Rock

RF-Review musik-OASISBagi para pencinta band rock atau musik rock pasti tidak asing dengan band yang bernama Oasis, Oasis adalah sebuah band rock Inggris yang dibentuk di Manchester pada tahun 1991. Awalnya dikenal sebagai Rain yang saat itu pertama kali dibentuk oleh lima orang atau personi dan yang terlibat di dalamnya yaitu, Liam Gallagher (vokal), Paul Bonehead Arthurs (gitar), Paul Guigsy McGuigan (bass), Tony McCarroll (drum)dan yang terakhir adalah Noel Gallagher (gitar dan vokal).

Noel Gallagher adalah kakak dari Liam Gallagher.
Mereka telah memiliki delapan album yang pertama single dan delapan lagu dalam satu album, dan memenangkan lima belas NME Awards, sembilan Q Awards, empat MTV Europe Music Awards dan enam Brit Awards, termasuk satu pada tahun 2007 untuk Outstanding Contribution to Music dan satu untuk Album terbaik dari terakhir 30 tahun yang dipilih oleh BBC Radio oleh 2 pendengar, mereka telah dinominasikan untuk tiga Grammy Awards. Pada tahun 2009, band ini telah menjual sekitar 70 juta rekaman di seluruh dunia. Band ini telah dicatatkan di Catatan buku Guinness World pada 2010 untuk “Terpanjang Top 10 UK Bagan yang Dijalankan oleh Oasis” setelah menjalankan belum pernah terjadi sebelumnya dari 22 top 10 hits di Inggris. Band ini juga memegang Guinness World Record untuk menjadi tindakan yang paling sukses di Inggris antara tahun 1995 dan 2005, menghabiskan 765 minggu di Top 75 single dan album chart.
Anggota personilnya menandatangani kontrak dengan rekaman independen Creation Records label dan setelah merilis album debut rekor mereka Definitely Maybe pada tahun 1994. Tahun berikutnya, band ini merekam “Morning Glory” (1995) dengan drummer baru mereka Alan White di tengah-tengah persaingan dengan rekan-rekan Britpop Blur di grafik. The Gallagher bersaudara secara rutin di tabloid untuk sengketa saudara mereka dan gaya hidup liar. Pada tahun 1997, Oasis merilis album ketiga mereka “Be Here Now” dan meskipun itu menjadi album dengan penjualan tercepat dalam sejarah Inggris, popularitas album meruncing dengan cepat. Band ini kehilangan anggota Paul McGuigan dan Paul Arthurs Mereka melanjutkan untuk merekam dan merilis Berdiri di Bahu dari Giants pada tahun 2000 dan digantikan oleh Gem Archer dan Andy Bell yang bergabung dengan kelompok untuk tur dalam mendukung Giants. Band ini menemukan kesuksesan dan popularitas dimulai tahun 2005.
Setelah rilis 2008 album band Dig Out Your Soul, Noel Gallagher mengumumkan pada Agustus 2009 bahwa ia akan meninggalkan band setelah backstage pertengkaran dengan Liam sebelum penampilan festival. Band ini yang terdiri dari sisa anggota Oasis dan dipimpin oleh Liam Gallagher, memutuskan untuk terus bekerja sama dengan nama Beady Eye, sementara Noel Gallagher melanjutkan untuk membentuk Tall Birds proyek solonya.
(Penulis: @adit_acchdyan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: